Jumat, 16 November 2018 | 19.19 WIB
KiniNEWS>Otomotif>Motor>Awas, Begini Tipe Motor yang Disukai Maling untuk Dicuri

Awas, Begini Tipe Motor yang Disukai Maling untuk Dicuri

Reporter : Malik Yahya | Jumat, 9 November 2018 - 09:12 WIB

IMG-189

Maling Motor. (Ist)

Jakarta, kini.co.id

Berita pencurian kendaraan bermotor atau curanmor sudah biasa terdengar sehari-hari. Para maling pun seolah dengan gampang menggasak motor curiannya dengan berbagai modus.

Bahkan dalam hitungan detik mereka bisa melarikan motor yang mungkin bahkan belum lunas cicilannya.

Meskipun kadang tak pandang bulu, ternyata ada beberapa tipe motor yang diincar para pencuri. Berikut kami rangkum jenis motor yang paling disukai maling.

1. Kondisi Standar

Para maling suka sekali dengan motor yang kondisinya masih standar. Maksud dari standar itu yang keadaannya masih seperti keluaran pabrikan. Misalnya seperti jumlah spion yang masih ada dua, body orisinal dan lain sebagainya.

Nah, di tangan para maling, motor akan dipreteli dan kemudian dijual bagian-bagiannya. Kalau spare part motor yang masih orisinal, jika dijual kembali harganya akan mahal.

2. Harga Tinggi

Motor favorit maling selanjutnya adalah yang memiliki harga tinggi di pasaran. Dilansir dari laman hargamotor.co.id jika motor yang memiliki harga tinggi ini akan mudah untuk dijual.

Jika dipreteli pun, sparepartnya juga pasti dibeli dengan harga yang cukup mahal. Sehingga berhati-hatilah kalian yang mempunyai motor dengan harga mahal di pasaran. Bisa-bisa motor kalian jadi salah satu incaran komplotan pencuri.

3. Motor Matic

Motor matic seringkali dipakai oleh wanita, yang dianggap lemah oleh maling. Apalagi motor matic juga saat ini banyak dipakai pelajar yang masih belum pengalaman dengan motor. Sehingga, para maling sangat suka dengan kendaraan roda dua dengan model ini. Jika si korban tidak mau memberikannya, tinggal ancam saja.

Selain itu kunci motor matic juga lebih gampang dibobol. Begitu juga kunci stang atau kunci leher motor matic lebih mudah dipatahkan sehingga gampang dicuri.

4. Keluaran Baru

Sama seperti kita, maling juga suka dengan motor keluaran terbaru. Tapi bedanya, mereka mendapatkannya dengan cara tidak halal. Nah, alasan mengapa komplotan pencuri suka sekali dengan motor keluaran terbaru pasti kalian sudah tahu lah. Apalagi kalau bukan karena harga motor maupun spare partnya masih tinggi. Jadi kalau kalian punya motor keluaran terbaru, jaga dengan baik ya. Sebisa mungkin letakkan di tempat yang aman.

Demikian beberapa jenis motor yang paling disukai para maling. Namun apapun jenis motor Anda bukan berarti tak menjadi incaran maling.

Para maling beraksi jika Anda memberinya kesempatan. Seperti yang baru-baru ini diberitakan, maling beraksi di lokasi parkir dan mengincar motor yang kuncinya tertinggal.

Hal ini jelas membuka luas peluang motor Anda dicuri. Beruntung jika satpam atau tukang parkir di lokasi tersebut jujur, jika tidak habislah Anda.

Waspadalah dimanapun Anda berada. Tak ada salahnya menggunakan kunci ganda dimanapun anda parkir.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Otomotif Terkini Lainnya
Mobil - Kamis, 15 November 2018 - 23:06 WIB

APM terperangah saat mobil mereka diuji tabrak

SEJAK 2011 lalu, masyarakat Indonesia bisa melihat mana mobil yang lebih aman berkat aneka uji tabrak yang diadakan oleh ASEAN ...
Mobil - Kamis, 15 November 2018 - 22:52 WIB

Paris mulai tolak mobil diesel

PARIS mulai menolak mobil-mobil bermesin diesel, atau pengguna solar. Penolakan terhadap mesin diesel di Eropa, memang dalam beberapa tahun terakhir ...
Mobil - Rabu, 7 November 2018 - 16:49 WIB

DFSK Glory 580 rebut konsumen Rush dan Terios

USIA DFSK Glory 580 masih tergolong baru di pasar otomotif nasional. Meski demikian, secara penjualan diklaim baik, yaitu sudah mencapai ...
Mobil - Kamis, 1 November 2018 - 18:27 WIB

Tiba di Medan, dua varian terbaru Mitsubishi Xpander

BERITA gembira untuk pecinta Xpander di Medan. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memperkenalkan dua varian baru Xpander ...
Mobil - Selasa, 30 Oktober 2018 - 22:19 WIB

Mobil otonom juga butuh ‘Black Box’

ALAT perekam perjalanan semacam black box atau kotak hitam pada pesawat juga diperlukan di dunia otomotif. Mobil-mobil terbaru zaman sekarang ...
Mobil - Senin, 29 Oktober 2018 - 21:21 WIB

Kisah sukses transformasi Toyota Kijang sebagai mobil keluarga

PENYEGARAN terakhir mobil Kijang terjadi pada 2002 pada bagian grille, lampu depan, dan lampu belakang yang dilengkapi garnish. Kijang makin ...