Selasa, 22 Oktober 2019 | 07.46 WIB
KiniNEWS>Otomotif>Mobil>Mobil otonom juga butuh ‘Black Box’

Mobil otonom juga butuh ‘Black Box’

Selasa, 30 Oktober 2018 - 22:19 WIB

IMG-180

Mobil otonom, memerlukan black box.

WASHINGTON, kini.co.id – ALAT perekam perjalanan semacam black box atau kotak hitam pada pesawat juga diperlukan di dunia otomotif. Mobil-mobil terbaru zaman sekarang bahkan sudah banyak yang memiliki fitur black box.

Di Amerika Serikat, alat semacam black box menjadi kewajiban di mobil-mobil terbaru sekarang. Di sana, black box pada mobil disebut event data recorder (EDR).

EDR akan dibutuhkan ketika mobil terlibat kecelakaan. Data-data yang terekam dalam black box di dalam mobil dibutuhkan untuk investigasi mengapa kecelakaan bisa terjadi.

Informasi termasuk kecepatan kendaraan, posisi gas, waktu airbag mengembang, apakah rem ditekan, apakah sabuk pengaman dipakai, putaran mesin, sudut setir dan banyak lagi harus terekam dalam black box di mobil.

Produsen mobil juga bisa menambahkan 30 data tambahan yang bisa direkam di black box dalam mobil. Termasuk GPS, video dan audio.

Di mobil sekarang saja fitur semacam black box dibutuhkan, apalagi nanti di era mobil otonom ketika manusia tak perlu mengendalikan mobil sepenuhnya karena mobil bisa berjalan sendiri secara otomatis.

Saat ini mobil otonom telah diuji jalan. Mobil otonom dijanjikan lebih aman dan bisa menekan angka kecelakaan. Meski begitu, sistem keamanan dan keselamatan tetap diperlukan. Apalagi, mobil otonom berjalan dengan banyak sensor yang sewaktu-waktu bisa saja bermasalah.

Mobil otonom memerlukan lebih banyak sensor yang tertanam sehingga bisa membaca dan menyimpan lebih banyak informasi. Termasuk gambar kamera, profil pengemudi, jarak kendaraan di sekitarnya, marka jalan, rambu lalu lintas, dan lain-lain. Makanya, data yang akan direkam di black box atau EDR di mobil otonom sangat penting.

Kemungkinan, black box di mobil otonom memiliki lebih banyak informasi serta bisa merekam data dalam waktu yang lama menjelang kejadian kecelakaan.

Editor: Emerson

KOMENTAR ANDA
Berita Otomotif Terkini Lainnya
Mobil - Kamis, 17 Januari 2019 - 17:37 WIB

Dunia otomotif dihebohkan dengan kehadiran Toyota Supra

PARA pencinta mobil sport mungkin bakal ngiler melihat Toyota Supra yang baru. Belum lagi sirna kehebohan akan kehadiran Avanza terbaru, ...
Mobil - Senin, 14 Januari 2019 - 11:05 WIB

Mercy Indonesia hadirkan SUV bertenaga di Indonesia

MERCEDEZ Benz Distribution Indonesia (MBDI) memperkenalkan calon model baru, Mercedes-AMG G63 Edition 1, kepada media di Indonesia. Hari ini perusahaan ...
Mobil - Senin, 24 Desember 2018 - 18:14 WIB

Rush dan Voxy jadi model seksi Toyota di akhir 2018

PT Astra Toyota Motor selaku agen tunggal pemegang merek Toyota di Indonesia mengklaim, wholesales (penjualan pabrik ke dealer) pada Januari-November ...
Mobil - Rabu, 19 Desember 2018 - 19:17 WIB

Almaz, SUV produksi Wuling yang punya teknologi CVT

NAMA SUV Wuling diduga bernama Almaz. Informasi ini terkuak dari berbagai keterangan di internet yang bersumber dari data Informasi Nilai ...
Mobil - Selasa, 11 Desember 2018 - 23:57 WIB

Nissan Terra termurah, masih keren

NISSAN Terra ditawarkan dalam empat varian. Yang termurah 2.5 (4x2) MT berbanderol Rp 464 juta (on the road DKI Jakarta). ...
Mobil - Selasa, 4 Desember 2018 - 23:53 WIB

Perang Diskon Pajero Sport Cs Hingga Puluhan Juta

MENJELANG akhir tahun diskon model Sport Utility Vehicle (SUV) kelas menengah makin menggiurkan. Potongan harga untuk Pajero Sport dan para ...