Jumat, 16 November 2018 | 18.24 WIB
KiniNEWS>Otomotif>Mobil>Mobil otonom juga butuh ‘Black Box’

Mobil otonom juga butuh ‘Black Box’

Selasa, 30 Oktober 2018 - 22:19 WIB

IMG-180

Mobil otonom, memerlukan black box.

WASHINGTON, kini.co.id – ALAT perekam perjalanan semacam black box atau kotak hitam pada pesawat juga diperlukan di dunia otomotif. Mobil-mobil terbaru zaman sekarang bahkan sudah banyak yang memiliki fitur black box.

Di Amerika Serikat, alat semacam black box menjadi kewajiban di mobil-mobil terbaru sekarang. Di sana, black box pada mobil disebut event data recorder (EDR).

EDR akan dibutuhkan ketika mobil terlibat kecelakaan. Data-data yang terekam dalam black box di dalam mobil dibutuhkan untuk investigasi mengapa kecelakaan bisa terjadi.

Informasi termasuk kecepatan kendaraan, posisi gas, waktu airbag mengembang, apakah rem ditekan, apakah sabuk pengaman dipakai, putaran mesin, sudut setir dan banyak lagi harus terekam dalam black box di mobil.

Produsen mobil juga bisa menambahkan 30 data tambahan yang bisa direkam di black box dalam mobil. Termasuk GPS, video dan audio.

Di mobil sekarang saja fitur semacam black box dibutuhkan, apalagi nanti di era mobil otonom ketika manusia tak perlu mengendalikan mobil sepenuhnya karena mobil bisa berjalan sendiri secara otomatis.

Saat ini mobil otonom telah diuji jalan. Mobil otonom dijanjikan lebih aman dan bisa menekan angka kecelakaan. Meski begitu, sistem keamanan dan keselamatan tetap diperlukan. Apalagi, mobil otonom berjalan dengan banyak sensor yang sewaktu-waktu bisa saja bermasalah.

Mobil otonom memerlukan lebih banyak sensor yang tertanam sehingga bisa membaca dan menyimpan lebih banyak informasi. Termasuk gambar kamera, profil pengemudi, jarak kendaraan di sekitarnya, marka jalan, rambu lalu lintas, dan lain-lain. Makanya, data yang akan direkam di black box atau EDR di mobil otonom sangat penting.

Kemungkinan, black box di mobil otonom memiliki lebih banyak informasi serta bisa merekam data dalam waktu yang lama menjelang kejadian kecelakaan.

Editor: Emerson

KOMENTAR ANDA
Berita Otomotif Terkini Lainnya
Mobil - Kamis, 15 November 2018 - 23:06 WIB

APM terperangah saat mobil mereka diuji tabrak

SEJAK 2011 lalu, masyarakat Indonesia bisa melihat mana mobil yang lebih aman berkat aneka uji tabrak yang diadakan oleh ASEAN ...
Mobil - Kamis, 15 November 2018 - 22:52 WIB

Paris mulai tolak mobil diesel

PARIS mulai menolak mobil-mobil bermesin diesel, atau pengguna solar. Penolakan terhadap mesin diesel di Eropa, memang dalam beberapa tahun terakhir ...
Motor - Jumat, 9 November 2018 - 09:12 WIB

Awas, Begini Tipe Motor yang Disukai Maling untuk Dicuri

Berita pencurian kendaraan bermotor atau curanmor sudah biasa terdengar sehari-hari. Para maling pun seolah dengan gampang menggasak motor curiannya dengan ...
Mobil - Rabu, 7 November 2018 - 16:49 WIB

DFSK Glory 580 rebut konsumen Rush dan Terios

USIA DFSK Glory 580 masih tergolong baru di pasar otomotif nasional. Meski demikian, secara penjualan diklaim baik, yaitu sudah mencapai ...
Mobil - Kamis, 1 November 2018 - 18:27 WIB

Tiba di Medan, dua varian terbaru Mitsubishi Xpander

BERITA gembira untuk pecinta Xpander di Medan. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memperkenalkan dua varian baru Xpander ...
Mobil - Senin, 29 Oktober 2018 - 21:21 WIB

Kisah sukses transformasi Toyota Kijang sebagai mobil keluarga

PENYEGARAN terakhir mobil Kijang terjadi pada 2002 pada bagian grille, lampu depan, dan lampu belakang yang dilengkapi garnish. Kijang makin ...