Rabu, 12 Desember 2018 | 08.40 WIB
KiniNEWS>Otomotif>Mobil>Waspada anak diam-diam masuk ke mobil parkir, bisa tewas kehabisan oksigen

Waspada anak diam-diam masuk ke mobil parkir, bisa tewas kehabisan oksigen

Senin, 22 Oktober 2018 - 15:32 WIB

IMG-164

Bocah tewas kehabisan oksigen dalam mobil di parkiran Penjaringan, Jakarta Utara.

JAKARTA, kini.co.id – PERISTIWA nahas menimpa seorang anak berinisial R (3,5 tahun) pada Sabtu (20/10/2018). R ditemukan tewas di dalam mobil yang terparkir di area Apartemen Pluit Sea View, Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara.

Dari hasil pemeriksaan, bocah tersebut tewas karena kepanasan akibat kehabisan oksigen. Diduga, R masuk ke dalam mobil lalu terkunci dan terjebak sehingga tidak dapat keluar dari mobil tersebut.

Kejadian buruk ini tentu memantik kesadaran pemilik kendara, bahaya yang timbul dari mobil, meski dalam kondisi tidak bergerak sekalipun. Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengungkapkan perhatian pemilik kendara tidak hanya dilakukan saat menggunakan saja, namun juga ketika meninggalkan kendaraan, untuk parkir misalnya.

“Usahakan parkir kendaraan harus benar dan aman. Benar dalam arti tempatnya sesuai peruntukan dan aman dari kejahatan atau kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Biasakan melakukan hal-hal aman saat parkir,” ucap Sony.

Sony menjabarkan hal-hal aman yang dimaksud adalah pertama, memastikan pintu terkunci untuk menjauhkan dari tangan-tangan jahil. Terutama untuk mengamankan barang-barang yang ada di dalam kabin atau menjauhkan anak-anak seperti kasus di atas.

Kedua, jangan meletakkan kendara pada tempat yang terpapar panas sinar matahari langsung. Jika terpaksa karena tidak ada tempat parkir di dalam ruangan, pastikan ada sirkulasi udara keluar masuk dengan cara membuka sedikit kaca jendela. “Paling tidak biarkan terbuka dua centimeter. Bisa dilakukan di keempat jendela kendara,” ucap Sony. Langkah ketiga, pastikan bagian dalam kendara mudah terlihat atau memasang kaca film tidak terlalu gelap. Alasannya untuk memastikan kondisi di dalam mobil dapat dengan mudah terpantau bila ada seseorang di dalam mobil.

Keempat, selalu memantau kondisi kendara yang diparkir. Dari tempat kejadian perkara yang merupakan hunian, baiknya selalu memeriksa secara rutin setiap satu sampai tiga jam sekali. “Pastikan kendaraan tetap aman dan terkontrol. Artinya tidak berdampak buruk pada sekitar, apalagi anak-anak,” ucap Sony.

Untuk kasus kematian di atas, diketahui bahwa antara R dan pemilik mobil tidak memiliki hubungan kekeluargaan. Sang pemilik mobil, Afandi, kaget saat hendak menggunakan mobilnya mendapati R tidak bernyawa di kursi belakang.

Afandi mengungkapkan mobilnya terakhir digunakan kakak iparnya pada Jumat (19/10/2018) pukul 13.00 dengan memarkirkan mobil di lapangan kosong dekat apartemen. Saat itulah, R masuk ke dalam mobil yang lupa dikunci dan berakhir tragis.

Editor: Emerson

KOMENTAR ANDA
Berita Otomotif Terkini Lainnya
Mobil - Selasa, 11 Desember 2018 - 23:57 WIB

Nissan Terra termurah, masih keren

NISSAN Terra ditawarkan dalam empat varian. Yang termurah 2.5 (4x2) MT berbanderol Rp 464 juta (on the road DKI Jakarta). ...
Mobil - Selasa, 4 Desember 2018 - 23:53 WIB

Perang Diskon Pajero Sport Cs Hingga Puluhan Juta

MENJELANG akhir tahun diskon model Sport Utility Vehicle (SUV) kelas menengah makin menggiurkan. Potongan harga untuk Pajero Sport dan para ...
Mobil - Selasa, 27 November 2018 - 23:29 WIB

New MINI John Cooper Works 3 Doors tenaganya lebih galak

BMW Group Indonesia mem­perkenalkan mobil terbarunya, New MINI John Cooper Works 3 Doors. Kendaraan kaum urban ini mengalami pengembangan yang ...
- Minggu, 25 November 2018 - 00:38 WIB

Ingin Jimny bertampang Mercy? Segini biayanya

ANDA berminat memiliki Jimny Bertampang Mercedes G-Class, perlu mempersiapkan dana, sebab mobil terbaru yang satu ini banyak peminatnya. Kemunculan Suzuki ...
Mobil - Sabtu, 24 November 2018 - 14:02 WIB

Meluncur April Tahun Depan, Begini Wujud Kembaran Xpander dari Nissan

obil dengan model low MPV mendapat respon positif di beberapa negara dunia. Karenanya, Nissan Motor Indonesia (NMI) juga akan mengeluarkan ...
Motor - Jumat, 23 November 2018 - 09:26 WIB

Tak Peduli Moge Mahal, Kawasaki Z1000 Dicampakkan ke Tempat Sampah Hanya Gara-gara Ini

Kawasaki Z1000 mungkin menjadi motor gede (moge) impian para lelaki di luar sana. Harganya yang fantastis dan modelnya yang jantan ...