Minggu, 22 Oktober 2017 | 13.16 WIB
KiniNEWS>Otomotif>Mobil>Yuk Kupas Tuntas Mobil LCGC Toyota Calya

Yuk Kupas Tuntas Mobil LCGC Toyota Calya

Reporter : Malik Yahya | Kamis, 4 Agustus 2016 - 12:42 WIB

IMG-7

Mobil LCGC Toyota Calya

Jakarta, kini.co.id – Toyota kembali mengeluarkan varian mobil Low Cost Green Car (LCGC) baru, Toyota Calya. Berbeda dengan pendahulunya Toyota Agya, Calya merupakan jenis Multi-Purpose Vehicle (MPV) atau lebih dikenal dengan minivan. KiniNEWS sendiri melihat mobil ini seperti Veloz dengan versi mini.

Berbeda lagi dengan Agya, untuk penampilan depan, Toyota Calya dipasang dengan bentuk grill dan lampu yang berbeda, namun untuk Ban dan Velg, Calya dipasang dengan Velg 14 Inch dan ban yang lebih kecil, namun pada bagian dapur mesin, kap sudah dilengkapi dengan peredam.

Jika anda melihat dari depan, sepintas spion yang dipasang pada Calya sama dengan yang dipasang pada Yaris. Spion pada Calya sudah dilengkapi dengan elektric mirror, namun belum dilengkapi dengan retractable mirror atau spion lipat otomatis.

Yang menarik lagi dari pendahulunya, Cayla dilengkapi dengan karet doble pada masing – masing pintu, jadi ketika anda menutup pintu, akan terdengan lebih lembut, serta tambahan door handle untuk pintu belakang.

Jika kita masuk kebagian kemudi, Calya masih menganut jok pendahulunya Agya, dan untuk kunci sudah dilengkapi dengan immobilizer (anti maling). Untuk varian matic, transmisi berada pada dashboard seperti Daihatsu Sirion, namun belum ada telescopic steering.

Pada panel dashboard, dilengkapi dengan Head Unit (HU) pabrikan seperti double din, dilengkapi dengan player dvd, bluetooth flash drive dan radio. Calya sendiri sudah mendukung eco mode, dan yang membuat kami cukup heran, yakni pada odo terlihat batas maksimal 200KM/Jam.

Untuk pendukungnya, Cayla sudah dilengkapi dengan power window, serta dilengkapi storage yang cukup bayak pada bagian depan, namun untuk tengah hanya memiliki cap holder, namun memliki colokan listrik pada bagian tengah.

Pada jok tengah sendiri sudah dilengkapi dengan 3 head rest, namun masih belum memilki double blower, mengingat Calya adalah mobil LCGC, namun jangan takut kepanasan, sebab Calya dilengkapi dengan kipas angin yang dapat menyalurkan AC depan kebelakang. Dari segi kenyamanan, Calya terbilang lega, karena untuk ukuran duduk manusia dengan tinggi 172cm masih ada space pada lutut dengan jok kemudi, serta ada space untuk kepala.

Jika dilihat kebagian belakang, desain pada eksterior dan lekukan pada body Calya seperti mirip New Inova, namun lebih kecil, serta menggunakan spoiler mirip seperti mobilio.

Bagian bagasi juga agak lega, anda dapat memasukkan 3 galon air serta 1 tas tambahan. Untuk Ban Serep, berada dibawah mobil, namun ban serep Calya sama dengan ban yang digunakan, jadi bukan seperti ban sementara.

Untuk menuju jok belakang, anda hanya menekan satu tombol saja pada jok tengah. Ada yang menghalang untuk kaca samping pada bagian belakang, karena terhalang oleh seat belt. Jika baris 3 pada mobil ini dilipat akan menghasilkan space yang cukup besar, jika dibandingkan dengan Datsun Go+ Panca akan lebih terasa luas.

Untuk segi keamanan, mobil yang dirancang dengan 7 seat ini sudah dilengkapi dengan 2 air bag dan seatbelt pada bagian depan, 3 seat belt pada bagian tengah dan 2 pada bagian belakang.

Calya ditawarkan dengan 2 varian, yakni transmisi matic dan manual, dengan dukungan mesin dual VVTI, Calya dapat menghasilkan tenaga 88PS pada putaran 6.000 RPM, dan Torsi 108NM pada 4.200 RPM.

Editor: Ade

KOMENTAR ANDA
Berita Otomotif Terkini Lainnya
Wuling motors buka jaringan diler terpadu di Surabaya dan Manado
Mobil - Jumat, 22 September 2017 - 15:38 WIB

Wuling motors buka jaringan diler terpadu di Surabaya dan Manado

Wuling Motors resmi membuka sejumlah jaringan diler terpadu yang berlokasi di titik-titik strategis di wilayah Surabaya dan Manado.Di Surabaya, Wuling ...
Mitsubishi Xpander targetkan 25 persen kuasai pasar Sumut
Mobil - Rabu, 13 September 2017 - 23:04 WIB

Mitsubishi Xpander targetkan 25 persen kuasai pasar Sumut

Besarnya potensi pasar serta tingginya pengguna small MPV di wilayah Sumatara Utara menjadi incaran PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales ...
Mercedes- Benz Axor hadir di Mining Indonesia 2017
Mobil - Rabu, 13 September 2017 - 21:30 WIB

Mercedes- Benz Axor hadir di Mining Indonesia 2017

PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDINA) ikut ambil bagian dalam pameran perlengkapan pertambangan terbesar di Asia, Mining Indonesia 2017 yang berlangsung ...
Audi A3 Hanya Hadirkan Mesin Mungil ke Indonesia
Mobil - Rabu, 16 Agustus 2017 - 23:36 WIB

Audi A3 Hanya Hadirkan Mesin Mungil ke Indonesia

Distributor tunggal merk Audi di Indonesia, PT Garuda Mataram Motor meluncurkan A3 terbaru setelah tidak hadir ke Indonesia sejak generasi ...
GIIAS 2017: Tata Motors Terima 20 Pesanan Truk
Mobil - Rabu, 16 Agustus 2017 - 22:55 WIB

GIIAS 2017: Tata Motors Terima 20 Pesanan Truk

Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) selaku agen pemegang merek Tata Motors Indonesia mencatat puluhan pesanan, 20 pesanan diantaranya adalah untuk ...
Empat Hari di GIIAS 2017, Expander Terjual 1.427 Unit
Mobil - Senin, 14 Agustus 2017 - 18:03 WIB

Empat Hari di GIIAS 2017, Expander Terjual 1.427 Unit

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha (MMKY), menyebutkan varian terbaru XPander sejak pertama diluncurkan di ajang pameran Gaikindo Indonesia International Auto ...