Kamis, 24 Januari 2019 | 19.23 WIB
KiniNEWS>Otomotif>Mobil>Yuk Kupas Tuntas Mobil LCGC Toyota Calya

Yuk Kupas Tuntas Mobil LCGC Toyota Calya

Reporter : Malik Yahya | Kamis, 4 Augu 2016 - 12:42 WIB

IMG-7

Mobil LCGC Toyota Calya

Jakarta, kini.co.id – Toyota kembali mengeluarkan varian mobil Low Cost Green Car (LCGC) baru, Toyota Calya. Berbeda dengan pendahulunya Toyota Agya, Calya merupakan jenis Multi-Purpose Vehicle (MPV) atau lebih dikenal dengan minivan. KiniNEWS sendiri melihat mobil ini seperti Veloz dengan versi mini.

Berbeda lagi dengan Agya, untuk penampilan depan, Toyota Calya dipasang dengan bentuk grill dan lampu yang berbeda, namun untuk Ban dan Velg, Calya dipasang dengan Velg 14 Inch dan ban yang lebih kecil, namun pada bagian dapur mesin, kap sudah dilengkapi dengan peredam.

Jika anda melihat dari depan, sepintas spion yang dipasang pada Calya sama dengan yang dipasang pada Yaris. Spion pada Calya sudah dilengkapi dengan elektric mirror, namun belum dilengkapi dengan retractable mirror atau spion lipat otomatis.

Yang menarik lagi dari pendahulunya, Cayla dilengkapi dengan karet doble pada masing – masing pintu, jadi ketika anda menutup pintu, akan terdengan lebih lembut, serta tambahan door handle untuk pintu belakang.

Jika kita masuk kebagian kemudi, Calya masih menganut jok pendahulunya Agya, dan untuk kunci sudah dilengkapi dengan immobilizer (anti maling). Untuk varian matic, transmisi berada pada dashboard seperti Daihatsu Sirion, namun belum ada telescopic steering.

Pada panel dashboard, dilengkapi dengan Head Unit (HU) pabrikan seperti double din, dilengkapi dengan player dvd, bluetooth flash drive dan radio. Calya sendiri sudah mendukung eco mode, dan yang membuat kami cukup heran, yakni pada odo terlihat batas maksimal 200KM/Jam.

Untuk pendukungnya, Cayla sudah dilengkapi dengan power window, serta dilengkapi storage yang cukup bayak pada bagian depan, namun untuk tengah hanya memiliki cap holder, namun memliki colokan listrik pada bagian tengah.

Pada jok tengah sendiri sudah dilengkapi dengan 3 head rest, namun masih belum memilki double blower, mengingat Calya adalah mobil LCGC, namun jangan takut kepanasan, sebab Calya dilengkapi dengan kipas angin yang dapat menyalurkan AC depan kebelakang. Dari segi kenyamanan, Calya terbilang lega, karena untuk ukuran duduk manusia dengan tinggi 172cm masih ada space pada lutut dengan jok kemudi, serta ada space untuk kepala.

Jika dilihat kebagian belakang, desain pada eksterior dan lekukan pada body Calya seperti mirip New Inova, namun lebih kecil, serta menggunakan spoiler mirip seperti mobilio.

Bagian bagasi juga agak lega, anda dapat memasukkan 3 galon air serta 1 tas tambahan. Untuk Ban Serep, berada dibawah mobil, namun ban serep Calya sama dengan ban yang digunakan, jadi bukan seperti ban sementara.

Untuk menuju jok belakang, anda hanya menekan satu tombol saja pada jok tengah. Ada yang menghalang untuk kaca samping pada bagian belakang, karena terhalang oleh seat belt. Jika baris 3 pada mobil ini dilipat akan menghasilkan space yang cukup besar, jika dibandingkan dengan Datsun Go+ Panca akan lebih terasa luas.

Untuk segi keamanan, mobil yang dirancang dengan 7 seat ini sudah dilengkapi dengan 2 air bag dan seatbelt pada bagian depan, 3 seat belt pada bagian tengah dan 2 pada bagian belakang.

Calya ditawarkan dengan 2 varian, yakni transmisi matic dan manual, dengan dukungan mesin dual VVTI, Calya dapat menghasilkan tenaga 88PS pada putaran 6.000 RPM, dan Torsi 108NM pada 4.200 RPM.

Editor: Ade

KOMENTAR ANDA
Berita Otomotif Terkini Lainnya
Mobil - Kamis, 17 Januari 2019 - 17:37 WIB

Dunia otomotif dihebohkan dengan kehadiran Toyota Supra

PARA pencinta mobil sport mungkin bakal ngiler melihat Toyota Supra yang baru. Belum lagi sirna kehebohan akan kehadiran Avanza terbaru, ...
Mobil - Senin, 14 Januari 2019 - 11:05 WIB

Mercy Indonesia hadirkan SUV bertenaga di Indonesia

MERCEDEZ Benz Distribution Indonesia (MBDI) memperkenalkan calon model baru, Mercedes-AMG G63 Edition 1, kepada media di Indonesia. Hari ini perusahaan ...
Mobil - Senin, 24 Desember 2018 - 18:14 WIB

Rush dan Voxy jadi model seksi Toyota di akhir 2018

PT Astra Toyota Motor selaku agen tunggal pemegang merek Toyota di Indonesia mengklaim, wholesales (penjualan pabrik ke dealer) pada Januari-November ...
Mobil - Rabu, 19 Desember 2018 - 19:17 WIB

Almaz, SUV produksi Wuling yang punya teknologi CVT

NAMA SUV Wuling diduga bernama Almaz. Informasi ini terkuak dari berbagai keterangan di internet yang bersumber dari data Informasi Nilai ...
Mobil - Selasa, 11 Desember 2018 - 23:57 WIB

Nissan Terra termurah, masih keren

NISSAN Terra ditawarkan dalam empat varian. Yang termurah 2.5 (4x2) MT berbanderol Rp 464 juta (on the road DKI Jakarta). ...
Mobil - Selasa, 4 Desember 2018 - 23:53 WIB

Perang Diskon Pajero Sport Cs Hingga Puluhan Juta

MENJELANG akhir tahun diskon model Sport Utility Vehicle (SUV) kelas menengah makin menggiurkan. Potongan harga untuk Pajero Sport dan para ...